Senin, 31 Maret 2008

Sosialisasi Penyusunan Sistem Pendataan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov Jatim menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Penyusunan Sistem Pendataan di Hotel Selecta Batu pada tanggal 30 Maret - 1 April 2008. Peserta KK Datadik dan Pendamping Perencanaan Kab/Kota.

Hasil – hasil:
1. Tugas dan kewajiban Pendamping Kota Kabupaten
a. Melakukan pendampingan kepada unit perencanaan dan tim ICT dinas pendidikan Kabupaten/Kota,
b. Melakukan Koordinasi dan Konsolidasi bersama Ka Unit perencanaan Dinas pendidikan kabupaten/Kota, Kaka data Dik
c. Berkoordinasi dengan Koordinator/Sub Koordinator pendamping perencanaan dinas Pendidikan propinsi,

2. Dapodik dan ICT Jardikna
a. informasi umum pembagian wilayah kerja Jardiknas, untuk pengembangan e-manajemen di pendataan dan e-pendidikan di balaitekom pendidikan
b. segera memonitor bandwidth Jardiknas melaui program netmon.jardiknas.org dan speadtest.jardiknas.org
c. dapodik tetap menjadi prioritas kegiatan, khususnya untuk langkah bersih-bersih data

3. Subtansi Unas dan Sertivikasi Guru
a. penjelasan umum Unas dan sertifikasi guru
b. penyampaian web Unas dan sertifikasi guru sebagi portal pendidikan jatim

4. Demo Sistem Kereksi UASBN
a. sosialisai sistem koreksi UAS melalui skener
b. mendemokan prinsip kererja skener UAS

5. Portal Pendidikan
a. sosialisasi Portal Pendidikan
b. 3 situs Portal Pendidikan yaitu P&KJatim.net, Unas-Jatim.net dan sertivikasigurujatim.net
c. username bagi pendamping kota kabupaten untuk mendapatkan hak akses konten portal pendidikan jatim

6. Sekolah Online
a. sosialisai web sekolah online
b. memndorong sekolah untuk berperan aktif dalam mengisi konten sekolah online
c. mendata kota/kabupaten yang bersedia menjadi pilot project sekolah online, Dinas Kota/Kabupaten diminta untuk mengundang Sekolah-sekolah setempat, Tim telkom menyediakan tempat dan instruktur untuk memandu pengisian data Sekolah online
d. untuk sementara 3 kota/kabupaten telah bersedia sebagai pilot projec yaitu Kota Blitar, Kota Probolingggo dan Kab. Sampang, untuk kota/kabupaten lain dipersilahkan mendaftakan diri sebagai pilot projec sekolah online melalui mailinglist pendamping kota/kabupaten

Point2 sambutan Ketua Pelaksana

1. Arah perkembangan IT (Information Technology) saat ini cenderung pada demensi kontribusi, dimana semakin tinggi nilai dan frekwensi kontribusi yang kita berikan di bidang apapun melalui media IT untuk masyarakat, maka konsekwensinya secara otomatis kwalitas kita akan naik dengan sendirinya dari pandangan masyarakat umum tersebut, sehubungan dengan itu, maka Dinas Pendidikan Jawa Timur mengembangkan Portal Informasi Pendidikan sebagai implementasi kontribusi yang disumbangkan kepada masyarakat umum dan kalangan pendidikan pada khususunya. Sehingga masyarakat akan mengetahui peran dan kegiatan apa yang telah dan sedang dikembangkan untuk masyarakat umum dan juga tentunya untuk kalangan pendidikan.

2. Dengan IT maka kita dapat melakukan suatu kegiatan dalam dua jenis, yaitu kegiatan online yang lebih menekankan kecepatan (real time) dan keakuratan informasi itu dikemas dan disampaikan kepada yang membutuhkan, serta kegiatan offline yang menitik beratkan pada legalitas dokumen dan formalitas data. Dinas Pendidikan Jawa Timur sebagai lembaga formal yang akan mengimplementasikan IT dalam sistem kinerjanya, maka dua kegiatan online dan offline tersebut juaga akan selalu dikembangkan (termasuk pada bidang pendataan). Diharapkan tim IT Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dapat berperan aktif untuk menunjang pendataan online tersebut.
Program lain yang juga memanfaatkan IT adalah program pembelajaran jarak jauh. Dalam waktu dekat bersama dengan Jajaran terkait Depdiknas, Dinas Pendidikan Jawa Timur akan merumuskan suatu kegiatan yang merespon program Depdiknas melelalui Seamolec yaitu percepatan pencapaian 1juta Guru Sarjana. Para Guru yang belum sarjana didorong untuk segera mencapai kesarjanaan dibidangnya serta mempunyai bekal kemampuan IT.

3. Perkembangan IT Pendidikan tidak akan berkembang dengan baik tanpa adanya dukungan dari tenaga out sourcing dari lembaga yang profesional bergerak di bidang IT. Dinas Pendidikan Jawa Timur selalu membuka pintu bagi lembaga-lembaga IT untuk bekerja sama dalam mengembangkan IT Pendiidikan. Telah banyak implementasi nyata dari kegitan kerjasama tersebut khususnya dengan PT. Telkom. Yang terbaru, Dinas Pendidikan Jawa Timur bekerja sama dengan PT. Telkom sedang mengembangkan kembali sekolah online. Kegiata ini akan mendorong lembaga-lembaga pendidikan berperan serta secara langsung dalam dunia IT (khususnya bagi sekolah yang belum mele’k IT). Dinas Pendidikan Jawa Timur menyediakan wadah untuk menampung sagala kreasi dan informasi dari Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Siswa dari seluruh lembaga pendidikan yang ada di Jawa Timur.

4. Manfaat dari kegiatan online Dinas Pendidikan dan sekolah online adalah merupakan perwujudan pemberian kontribusi berupa informasi yang bagi kalangan tertentu sangat membutuhkan. Informasi secara online yang terorganisasi dengan baik sangat diperlukan untuk memotret kondisi sesaat yang merupakan data real sebagai pondasi untuk merencanakan pengembangan pendidikan dibidang apapun. Terlebih lagi masyarakat umum akan mengetahui, mengerti dan dapat mempersiapkan diri untuk turut serta dalam program percepatan pengembangan pendidikan tersebut.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Кажется, это подойдет.