Sabtu, 15 Maret 2008

Pertemuan Provider Jatim di Unijoyo Bangkalan, Madura

Peserta : Unijoyo, UM, UMM, Polinema, Polije, Plimadiun, Unesa, MJC, 4 pendamping ICT (Anast, Aries, Harry, Wasis, yang tidak hadir Siswanto)

Agenda Rapat:
1. Pembukaan
2. Sambutan Tuan Rumah
3. Rapat Pimpinan Koordinator Paguyuban
- Perkuliahan Semestergenap 2008
- Sertivikasi-sertivikasi (KKPI, JENI, BI, CCNA)
- Laporan Akademis dan keuangan 2007/2008
- Pelaksanaan Mahasiswa Baru batch 3
- 1 orng monitoring dan evaluasi PJJ TKJ
- Pengiriman 3 mahasiswa ke SEAMOLEC
- Operator Dapodik Propinsi untuk kabupaten kota
- Jadwal Kuliah Bersama (VICON)
4. dll
5. Penutup
6. Ramah Tamah

Rapat Pimpinan Koordinator Paguyuban
P. Wahyu (UM):
Kendala:
- perkuliahan di ICT untuk lebih proaktif untuk pembelajaran yang lebi baik.
- Sertivikasi yang masih harus dijadwal sebaik mungkin khususnya JENI
- ICT Kab/Kota Mojeketo belum terkoneksi Jardiknas
- ICT Kota Blitar masih belum sinergi dengan Dinas P&K

- Perkuliahan Semestergenap 2008
UNIJOYO:
Semester genap mulai hari ini 15 Meret 2008, sertivikasi hanya TOEIC yang telah terlaksana, Total mahasiswa beluk terekap dengan pasti (180org), 20 org mengundurkan diri,
POLMAN:
Sester genap mulai minggu ke IV setelah tanggal 20 Maret 2008, JENI belum tuntas dan belum dapat dilayani oleh VEDC, TOEIC telah tuntas, CCNA berjalan terus, namun
Sem IV 120, Sem I 348
UMM:
Perkuliahan dimulai awal maret, sertivikasi TOEIC tuntas, CCNA tinggal ujian terakhir, JENI dan KKPI masih belum tuntas, karena server KKPI trouble, JENI masih di jadwal ulang, karena sumber daya sarana yang sering dengan regular, mahasiswa 117 menjadi 108, di MJC117 menjadi 108 (data ini belum berekhir karena sertivikasi belum tuntas). Lamongan beasiswa telah dicairkan lebih dulu (yang lain belum) sebagai bonus karena dapodik lengkap berkat kerja mahasiswa PJJ TKJ.
VEDC:
Pada sampai pertemuan ini erkuliahan 1x untuk Sem 2 perkuliahan bulan pertama untuk sem4. Sem 3-4 dari mahasiswa 64 tinggal 64, sem 3-4 total 33 mahasiswa tinggal 31, sem 1-2 215 mahasiswa tinggal 179, keluhan masalah ICT belum berjalan dengan baik, khusu untuk kab. Malang dibagi menjadi 2 tempat pertemuan (di ICT center dan SMK Turen) karena jarak cukup jauh.
MJC:
Telah dilakukan perkuliahan akhir pebruari 23 pebruari. Permasalahan umum sertivikasi belum tuntas.
UNESA:
Sem 1 baru akan berakhir bulan maret dan ujian semester awal april karena awal perkuliahan yang terlambat. Perkuliahan sabtu dan minggu jam 7 sampai 7 malam. Mahasiswa 174, sertivikasi akan dilaksanakan minggu ke 2 april.
POLIJE:
Perkuliahan sem 2 batc 2 dimulai 25 februari 2008, batc 1 dimulai 24 maret 2008, pola perkuliahan di padatkan tidak 1:3 tapi 2:2 untuk membayar terpotongnya cuti bersama dan liburan, sertivikasi KKPI telah tuntas CCNA 1, 2, 3, 4 telah tuntas (3, 4 batch 2 belum tuntas), JENI belum tuntas karena belum menjadi lokal akademi target bulam maret. Jumlah mahasiswa B1 2006 awal 97 do 4 menjadi 93, B2 2007 250 do 29 menjadi 211
POLINEMA:
Sem 4 dari101 mhs tinggal 65, sem 2 dari 289 tinggal 233 (setelah sertivikasi ) jadi 176 (diakhir semester), sem 3 (MJC) 38 jadi 30 20 menjadi 17, sertivikasi sem 1 TOEIC 2 kali, JENI sampai kemarin belum ada jadwal dari VEDC, CCNA baru bisa dilakukan bulan depan, perkuliahan ke dua pada minggu ini.
UM:
2006 167 menjadi 166. 2007 256 menjadi 256. perkuliahan berjalan 2 bulan awal mei selesai, sertivikasi semua tuntas kecuali JENI.

- Pelaksanaan Mahasiswa Baru batch 3
Pola mandiri (sehingga tidak terlalu bergairah peminatnya, namun tetap akan dikaewal sampai Batch 1 dan Batch 2 berakhir). Jika jumlah mahasiswanya terlalu sedikit maka ...???
UM: Tetap akan melaksanakan Batch 3 dengan mekanisma tetap dengan Dinas Pendidikan kab/kota. Dengan kuota minimal 20 orang (biaya mandiri).
POLINEMA: kesulitan mencari kelas bila akan menambah kelas baru. Sehingga kemungkinan berat untuk melaksanakan Bacth 3. Tapi akan mengawal Bacth 1 dan Bacth 2.
UNIJOYO: Perlu korvirmasi dulu, masih berat untuk melaksanakan kelas madiri Bacth 3, karena animo masih kecil, sebagian mahasiswa hanya senang karena adanya dana transport.
POLMAN: Bacth 3 akan diadakan di laksanakan di semenster ganjil, ICT tidak bermasalah tentang jardiknas. Harus ada surat resmi untuk pelimpahan pendanaan tentang Bacth 3 dan Payung Hukum Program/aturan main di DIKTI
Karena saat koordinasi selalu di undang bareng antara ICT dan Dinas. Memnekankan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas DATADIK
UMM: mengharap payung hukum yang jelas seperti halnya PJJ S1 PGSD yang ada payungnya dari dikti sehingga peminat yang mandiri cukup tinggi. Tidak ada masalah mau mandiri atau tidak namun harus ada payung yang jelas. Masih harus ditinjau lagi tentang SDM bila ada Bacth 3.
POLIJE: berat untuk melaksanakan Bacth 3, karena banyak kendala yang sedang berlangsung, dan sebagian dosen akan sekolah. Dan masih Fokus berjuang meregulerkan PJJ TKJ agar dapat ijasah.
UNESA: untuk rekrutment mahasiswa tidak menjadi masalah, namun permasalahannya apakah PJJ TKJ di formalkan dengan ditandai legitimasi PJJ TKJ.
VEDC: masih memikirkan status untuk pendidrian poltek.
MJC: tinggal beberapa ruang, namun tergantung dari provider-provider pendukung.

- 1 orng monitoring dan evaluasi PJJ TKJ (usulan Draf Proveder Jatim)
memilih satu orang dari proveder (menjadi perwakilan dari SEOMOLEC) hasil pertemuan di jakarta yang bertujuan untuk menjaring pelaporan yang online perkembangan provider.
1. Minimal D3
2. Mengerti tentang tata kelola PJJ D3 TKJ
3. Bhs. Inggris aktif
4. Memahami IT
5. Bersifat Independen
6. HR minimal Rp. 2.500.000,- (sudah termasuk PPh) per bulan ditambah dengan dana-dana lain yang relevan
7. Pembiayaan dibebankan kepada Seamolec dibayarkan melalui Proveder
8. Mekanisme pekerjaan menyesuaikan dengan agenda kegiatan PJJ D3 TKJ Provider yang dievaluasi
9. Diharapkan lokasi dalam satu lingkungan propinsi
Mekanisme pekerjaan:
Mengamati dan melaporkan kegiatan/aktivitas provider.

- Pengiriman 3 mahasiswa ke SEAMOLEC
mengirimkan 3 mahasiswa yang akan di seleksi untuk mewakili Indonesia sebagai folentir ke negara anggota SEOMELEC.
Rekomendasi:
- paguyuban sepakat mengirim nama dengan catatan ; (1) mhs belum dikonfirmasi kesediaannya, (2) mhs belum mengetahui hak dan kewajibannya, (3) rekrutmen hanya berdasarkan pada kualivikasi akademik.
- Polinema BLM
- Polije OK
- UMM OK
- Polman OK
- Unesa BLM
- VEDC BLM
Terakhir besuk minggu tanggal 16 Maret 2008 via SMS atau Email (p. Hari)
h_arias2000@yahoo.com

Jadwal Kuliah Bersama (VICON)
Rabu pukul 15.30 – 17.30

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Genial brief and this fill someone in on helped me alot in my college assignement. Say thank you you for your information.